Tuesday, July 31, 2018

Gendang Alat Musik Tradisional yang Dipukul

Gendang adalah salah satu alat musik yang dikenal masyarakat Indonesia sejak lama. Gendang adalah alat musik tradisional yang dipukul.

Dalam kesehariannya mungkin kita sering melihat penggunaan gendang ketika ada acara topeng monyet atau pendidikan sekolah.

Alat musik tradisional yang dipukul
Gendang alat musik tradisional
Jarang sekali ada alat musik tradisional Gendang yang bisa kita temukan langsung di kehidupan, biasanya juga hanya ember yang dipukul-pukul seperti gendang.


Alat Musik Tradisional yang Dipukul


Di Indonesia sendiri ada banyak sekali alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipukul, seperti:

  1. Gendang Bulo
  2. Ana’ Becing / Ana’ Baccing
  3. Marawis
  4. Kecrek
  5. Talempong / Bonang Minang
  6. Aguang / Gong Minang
  7. Kolintang
  8. Sasesahang
  9. Dol / Doli
  10. Redap

Salah satu daerah asal kalian mungkin juga memiliki alat musik tradisionalnya sendiri? siapa tau? Alat-alat musik ini digunakan bukan hanya sekadar sebagai hiburan semata, melainkan ada juga yang digunakan sebagai alat bantu pengiring sebuah instrumen musik.

Musik dalam kehidupan kita memang tak lepas dari "Budaya Luar" karena adanya musik Barat inilah mau tidak mau, posisi dari alat musik tradisional semakin tersingkir.

Semoga teman-teman tidak termasuk dari mereka yang hanya memanfaatkan kedaan untuk mencari keuntungan, apapun ilmu yang kalian pelajari, musik jenis apapun yang kalian tau.

Tetaplah pura-pura tidak tau karena ilmu tersebut akan berguna nantinya. Sepintar apapun kalian memainkan musik, jangan pernah sekalipun menunjukkan keahlian kalian, karena akan ada ilmu-ilmu baru yang kalian pelajari kedepannya, sekalipun ilmu tersebut ternyata sudah kalian tau.