Thursday, August 2, 2018

Tupai Kelapa, Tupai Lucu yang Cocok Jadi Peliharaan

Siapa sih yang ga tau tupai? tupai memang ada banyak di Indonesia, tapi salah satu yang paling banyak diminati adalah Tupai kelapa. Bentuknya kecil dengan kulit kecoklatan dan sering dijumpai di pepohonan kelapa, itulah mengapa ia dipanggil tupai kelapa.

Tupai kelapa juga dikenal dengan bajing kelapa loh. Bahasa Inggrisnya Plantain squirrel dan nama ilmiahnya adalah Callosciurus notatus tapi intinya sama sama Tupai.

Tupai Kelapa

Tupai Kelapa bukanlah hewan nocturnal, ia bangun dan beraktifitas pada waktu siang hari. Seperti namanya, ia sering dijumpai di pohon kelapa. Terkadang kita juga bisa menjumpainya berkeliaran di cabang dan ranting pohon lalu melompat di antaranya.

Memelihara Tupai Kelapa
Gambar via google images
Cara tupai kelapa makan kelapa juga unik, ia mampu melubangi buah kelapa lalu memakannya langsung baik yang muda ataupun kelapa tua yang sudah keras. Tupai kelapa dianggap hama perkebunan yang serius karena gerakannya yang sangat cepat.

Lain di mata petani, lain pula di mata para pemburu liar. Tupai kelapa adalah salah satu ladang bagi mereka mencari uang dengan bermodal seadanya bahkan 2 hingga 3 tupai kelapa bisa mereka dapatkan dalam semalam.

Dari situs teman saya masjawa.com, ada 2 macam cara mendapatkan tupai kelapa, yaitu:

  • Membeli ke penjual
  • Berburu di hutan / di habitat tupainya
Kata berburu disini bukan berarti kita harus benar-benar menangkap tupai dengan menggunakan senjata kok, bisa menggunakan jebakan yang diberikan makanan, terserah asal tidak merusak alam dan tidak berlebihan dalam perburuannya.


Ada juga beberapa pemburu yang menggunakan tembakan untuk membunuh langsung tupai on the spot. Hal ini dilakukan bagi mereka yang mengkonsumsi daging tupai, saya pribadi tidak pernah mencoba jadi tidak tau rasanya seperti apa.

Menurut teman-teman bagaimana hewan ini? apakah kalian menganggapnya hama atau malah cocok untuk dijadikan hewan peliharaan? tupai ini hewan yang lincah dan membutuhkan tempat yang luas, jadi tidak disarankan menggunakan kandang kecil karena bisa stress.