Sunday, October 21, 2018

Review Lensa Fix Yongnuo 50mm For Canon


Lensa fix 50mm konon katanya yakni lensa patut. Fokalnya yang normal, perspektif yang sama seperti mata manusia, bokehnya yang telah oke, dan ukurannya yang kecil, sering mewujudkan alasan seseorang merasa perlu punya lensa 50mm ini. Melainkan di pasaran biasanya lensa 50mm ada dua opsi yakni bukaan f/1.8 dan f/1.4 yang sekilas mirip-mirip. 

Jika dana ada, saya sarankan pilih yang f/1.4 karena dapat lebih bokeh dan dapat lebih diandalkan di kondisi kurang cahaya. Sedangkan hanya terpaut 2/3 berhenti saja, lensa f/1.4 harganya dapat berbeda banyak dengan yang f/1.8 dan disitulah persoalan mulai timbul.

Bagi pengguna DSLR Canon, lensa fix canon 50mm f/1.8 dapat jadi yakni lensa paling populer sepanjang masa. Versi barunya (STM) dijual hampir 2 juta, sedang versi lama sepertinya telah diskontinu. Untuk lensa 50mm f/1.4, Canon hanya punya satu opsi saja seharga hampir 6 juta, dan itupun lensa lama yang entah kapan akan ada penerusnya (versi STM). 

Disitulah terbuka celah untuk pemain pihak ketiga mendesain lensa 50mm f/1.4 untuk Canon, salah satunya dari pihak Yongnuo. Produsen China yang familiar akan flash ini memang telah sebagian kali membuat lensa, salah satu yang saya suka dahulu yakni YN 35mm f/2 yang harganya 1 jutaan saja, yang bentuknya nyaris sama dengan lensa Canon. Sekarang Yongnuo telah merilis lensa fix 50mm berbukaan besar f/1.4 yang hebatnya tidak meniru desain Canon melainkan lebih ke desain sendiri. Harganya? Sepertiga lensa Canon 50mm f/1.4 lah, masuk di kantong, melainkan bagaimana dengan performa nya?

Gambar Kamera Canon 70D dengan Lensa Yongnuo 50mm F1.4


Sebelum melihat kwalitas lensa Yongnuo ini, saya paparkan dahulu fakta speksifikasi YN50mm f/1.4:
  • full bingkai format, di APS-C akan berimbang dengan 80mm (cocok untuk lensa potret)
  • 9 unsur, tersusun atas 7 grup (1 ultra high reflactive index)
  • 7 bilah electronic aperture
  • DC motor auto konsentrasi, tersedia jendela indikator konsentrasi (MFD 45cm)
  • saringan depan 58mm
  • mount logam, pin kontak elektronik campuran emas
  • bobot 572 gram (wow, berat juga lho..)
  • USB port untuk update firmware

Kualitas jasmaniah lensa YN50mm ini termasuk mengesankan, dengan desain keren dan plastik yang kokoh. Lensa ini termasuk besar, mungkin karena Yongnuo perlu ruang untuk motor konsentrasi yang lebih kuat untuk memutar lensa bukaan besar ini, kecuali karena ada 9 unsur lensa yang terdapat didalamnya. 

Indikator jarak konsentrasi jadi sesuatu yang berguna dan menjadi ciri lensa kelas pro, dan ring konsentrasi di mode MF dapat diputar dengan cakupan yang luas dan presisi. Motor DC di lensa ini memang bukan tandingan motor USM milik Canon, perlu waktu untuk lensa berputar mencari konsentrasi, dengan suara yang khas dikala berputar. 

Melainkan isu bagusnya yakni, di kamera saya, akurasi fokusnya betul-betul pas (saya uji pakai focus chart) dan lagipula untuk harganya yang 2 jutaan saja, lensa buatan China biasanya tidak menyediakan auto konsentrasi kan..